Manfaat Sinar Matahari Pagi bisa bikin jerawat pada kulit membaik dan banyak lagi lainnya

Dibalik panasnya sinar matahari, banyak sekali manfaat sinarnya pada saat dipagi hari. Sejumlah orang banyak yang tidak menginginkan dirinya terkena sinar UV oleh matahari karna panasnya yang dapat berdampak kalau kulitnya akan gelap atau hitam.

Disini kita membahas manfaat sinar matahari di waktu pagi, karena pada waktu ini sinar matahari yang terpapar tidak terlalu panas dan terasa hangat pada tubuh. Meskipun banyak manfaatnya tetapi para ahli mengingatkan bahwa kita harus memastikan waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari serta dengan melindungi kulit dengan mengenakan topi, pakaian yang tepat, dan menggunakan sun block cream. Karena, jika terkena sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan yaitu kerusakan pada mata ( katarak ), melanoma, dan kanker kulit.

Berikut beberapa manfaat-manfaat sinar matahari pagi :

1. Vitamin D

Paparan pada sinar matahari memberi efek pada tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar pada sekujur tubuh ( wajah, leher, lengan, kaki ) selama 10 sampai 15 menitan dapat menghasilkan 1000 sampai 3000 unit internasional (IU) loh!. Tergantung pada jenis kulit kalian juga dan kebutuhan vit D yang dibutuhkan pada tubuh.

Vitamin D banyak fungsinya yaitu menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan penyerapan kalsium didalam usus, melindungi jenis kanker paru-paru, prostat, dan kulit, osteoporosis, rakhitis, dan juga diabetes.

2. Serotonin

Engga cuman memproduksi Vitamin D aja, tetapi juga merangsang tubuh membuat hormon serotonin, apa itu serotonin ? sesuatu neurotransmitter pada otak yang mengendalikan suasana hati. Semakin tinggi hormon serotonin dapat membuahkan suasana hati yang lebih positif dan cara berfikir yang jernih dan mental yang fokus.

3. Mengatasi Depresi


Orang sering mengalami gangguan afektif musiman (SAD) dapat menyebabkan kemurungan, kelelahan dan hilangnya minat kegiatan yang harus dilakukan pada sehari-hari. Paparan sinar matahari ini dapat melepaskan endorfin yang merupakan suatu anti depresan alami yang ada pada tubuh.

4. Memperbaiki Kondisi Kulit


Berjemur pada sinat matahari dengan cara yang aman telah terbukti dapat memperbaiki kondisi kronis, seperti jerawat, eksim dan psoriasis. Dengan terpapar sinar matahari juga kita bisa dapatkan untuk menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan penyakit kulit lainnya.

5. Tinkatkan sirkulasi darah

Sinar matahari dapat mampu meningkatkan sirkulasi dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit. Sehingga, Nutrisi dan juga oksigen dibawa pada sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka yang menyebabkan kesehatan tubuh menjadi lebih baik. Dan juga dengan meningkatnya sirkulasi darah, racun racun pada tubuh ter-eliminasi sangat efisien melalui darah

6. Menurunkan resiko kanker

Sama seperti poin nomor 1, karena dengan memproduksi vitamin D yang lebih banyak, bermanfaat untuk  menurunkan resiko terkena kanker, yaitu kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, serta kanker ovarium.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan


Tubuh yang terpapar sinar matahari juga dapat menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan menjaga dari infeksi dan berbagai penyakit bakteri, jamur, dan virus.

8. Detoksifikasi tubuh


Akibat dari paparan sinar matahari ini meningkatkan memisahkan racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi pada hati.

9. Kualitas tidur membaik


Produksi melatonin menjadi meningkat, melatonin ini merupakan suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh berukuran seperti sebuah kacang kecil yang berada pada dasar otak. Melatonin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tiduk yang lebih baik.

10. Memperbaiki sistem pencernaan

Paparan sinar matahari membuat nafsu makan menjadi meningkat, Dan juga dapat memperbaiki sistem pencernaan lambung


kita serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Dengan cara berjemur di pagi hari adalah hal yang terbaik untuk kesehatan tubuh, hal yang sangat perlu untuk dihindari dari sinar matahari adalah sinar Ultravioletnya yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kanker. Paparan sinar UV terjadi sekitar pukul 10.00 siang sampai pukul 16.00. Jadi kita harus memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi ini ya.

Thanks for Source : Lifestyle Kompas

Comments