Mengenal Latte Factor, hal kecil yang bikin dompet jadi kosong


Jadi, istilah latte factor ini disebutkan oleh seorang motivator 'David bach' yang merupakan publik figur sekaligus pengusaha yang sukses dengan bukunya yang berjudul 'Finish Rich'.

David Bach
Istilah ini terkenal pada awal tahun 2017, Apa itu Latte Factor? Latte Factor adalah istilah yang bertuju pada kebiasaan orang orang yang sering mengeluarkan uang ( jajan ) hanya untuk hal-hal yang kecil, seperti membeli permen, snack atau ciki, kopi, dan lain lain. Memang terlihat kecil harganya pun sekitaran 10.000 an aja, tapi jika dihitung dan dikalikan dalam setiap bulan maka jumlah nya besar !. Tapi disini bukan bertuju membahas hal yang kecil itu aja, ada lagi pengeluaran-pengeluaran lain yang bisa berdampak besar juga.

1. Nongkrong bareng


Dalam setiap minggu atau mungkin juga setiap bulan, ngumpul bareng temen di cafe atau tongkrongan adalah hal yang sepele dan sering terjadi. Dalam setiap pertemuannya jika pengeluarannya bisa mencapai 40.000 atau mungkin aja 100.000 lebih, jika dijumlahkan, mungkin setiap bulan sekali atau setiap minggu kalian berkumpul, dihitung saja pasti berdampak cukup besar untuk pengeluaran.

2. Nonton Film


Kegiatan ini biasanya kalo emang kadang ada yang ngajak, atau engga emang pengen menghibur dan pengen nonton aja, tapi oke aja kalau nonton hanya beberapa film yang kita suka dirilis di bioskop dan wajib banget buat ditonton cukup sebulan sekali ya. Kegiatan nonton film bisa berdampak besar juga ketika jalan ke mall yang tujuannya cuman nonton, eh bisa bisa ngelihat barang bagus diskonan bakalan berdampak tinggi ya.

3. Sering jajan barang online


Biasanya sering banget demen belanja yang dibeli memang cuman seperti hal-hal yang sepele yang pengen kita punya aja. Dampak ini cukup besar, kalau dilakukan terlalu sering, jika dihitung saja dari ongkos pengirimannya, transfer antar bank. Memang sepele, namun kalau dilakukannya berkali kali dalam setiap bulannya, lumayan juga loh.

4. Jajanan


Sebenarnya ada kaitan dengan nomor 1 jajan saat nongkrong, tapi ini beda. Mungkin niatnya kewarung mau beli shampo, eh bisa jadi dijalan ketemu tukang siomay, batagor, tahu bulat, cilor, bakalan tergoda dan sehingga pengeluaran yang seharusnya tidak terjadi menjadi terjadi. Faktor ini bisa saja dilakukan setiap harinya, atau setiap minggu 3 kali. Jadi jajan ini latte factor yang besar loh.

5. Paket internet setiap bulan dan Pulsa bulanan


Yang ini memang bagi masyarakat dijadikan sebuah kebutuhan primer yang diutamakan, tapi jika dihitung hitung akan terbilang besar pengeluarannya. Pulsa telpon, listrik, mungkin hanya sepele dan lagi yang paling terutama adalah pulsa internet, ini yang bikin susah banget di kontrol. Pemakaian setiap bulannya sangat besar dan jika kuota internet habis, mungkin bakalan susah terkontrol ingin menambah dan membelinya lagi. Jadi mesti hemat-hemat ya.

Dari Latte Factor diatas memang terbilang sepele dan hanya hal kecil biasa, jika dijumlah kan akan terasa pengeluarannya. Jadi, harus pinter-pinter untuk mengkontrol dan menghemat uang pengeluaran dari beberapa latte factor tersebut.

jangan lupa menabung ya, jaga selalu kesehatan uang bukan hanya tubuh aja.

sumber kaskus ( kredinaid )

Comments