Kenapa kita berkata OK ? apa asal-usulnya ?

Kita selalu sering menjawab "ok" untuk menanggapi sesuatu atau pernyataan setuju seseorang pada sebuah argumen. mungkin kita pikir singkatan ok itu adalah "Okay" namun yang benar adalah "Oll Korrect", kenapa O K ? bukannya harusnya "All Correct"?

Pada tahun 1839 di Amerika serikat sedang gaul-gaulnya bahasa lelucon atau bahasa slang pada percakapan tulisan sehari hari mereka, pada tren tersebut banyak bermunculan kata kata seperti 'KY' berarti 'Know Yuse' maksudnya 'Know Use', 'OW' berarti 'Oll Wright' yang artinya 'All Right', dan banyak bahasa yang lain. OK ini kata kata yang masih sering orang pakai dan tetap bertahan. Jadi kata OK ini kata ringkas yang berasal dari amerika yang tidak berkaitan dengan lainnya.

Di tahun 1840. New York, Amerika Serikat mengadakan Pemilu atau Pemilihan umum presiden. ada suatu calon presiden yang bernama Martin Van Buren, ia dijuluki "Old Kinderhook" dan dia menjadikannya dengan singkat menjadi perkataan 'OK' sebagai suatu slogan seorang kandidat calon presiden. Lalu, para pendukungnya membentuk sebuah grup atau club yang bernama 'OK Club' yang bermakna 'Old Kinderhook' dan 'Oll Korrect'. Namun Martin Van Buren tidak terpilih menjadi seorang presiden AS, namun kata kata slogannya yang unik ini menjadi tren dan tetap ada sampai saat ini.

Boston Newspaper Morning Post

Tetapi kata OK menjadi terkenal bukan hanya saja dari Martin Van Buren tersebut. Ada sebuah video yang diunggah di Fanspage Facebook oleh Mental Floss yang menampilkan pandangan seorang ahli ilmu asli kata, Allen Walker Read yang meyakini bahwa OK menjadi tren pada para penulis boston newspaper, yang menyingkat 'all correct' menjadi 'ok' (1839).

Sampai sekarang banyak orang senang mempopulerkan perkataan menjadi singkatan pada percakapan pergaulan sehari-harinya.

Comments